Masjid Tiban di Turen Malang, Jawa Timur

23 03 2010

Wisata rohani tanpa sepeserpun biaya masuk

Bagi awam seperti saya mendengar cerita ada masjid tiban yang katanya tiba2 muncul disuatu bukit di desa Turen Malang itu membangkitkan sebuah imajinansi yg menakjubkan, betapa tidak….kata-kata “disuatu bukit tiba-tiba muncul suatu bangunan masjid yg indah dan bertingkat” terasa benar kesan keajaibannya…dijaman yg modern seperti sekarang ini apa mungkin ?

Itulah yg akhirnya  membawa saya jauh-jauh dari Jakarta menuju Surabaya melampiaskan rasa ingin tahu yg begitu kuat sekalian mudik bersama keluarga. Tinggal di Surabaya beberapa hari menjelang Lebaran Syawal 1429H,harikedua lebaran baru punya peluang untuk menuju Turen,Malang bersama beberapa sanak saudara dari Pandaan.  Diperjalanan tak lupa menyempatkan waktu menyusuri jalan Surabaya_Malang dan melewati Lapindo Porong yg saat ini sudah nampak lebih rapi,diberi tebing yg tertata apik,jalan yg sudah beraspal mulus .Dan di musim lebaran ini satu tempat wisata lagi muncul di area luberan Lapindo.

Mencari wilayah Turen di Malang tidak begitu mudah bagi orang yg belum pernah menginjakkan kaki di sana. Mungkin harus membawa lokal guide agar tidak nyasar…jalannya cukup berliku-liku. Dan untuk menuju lokasi tujuan rambu juga ada tapi tidak cukup besar.

Pintu gerbang Pondok Pesantren Bahaaru Bahri ‘Asali Fadhlaailir Rahma Turen,Malang. Jawa Timur

Jakan menuju Pondok Pesantren hanya beberapa ratus meter dari jalan raya,dan hanya bisa dipakai one way..alias tidak bisa kendaran dari dua arah melewati sekali gus. setelah didalam area komplek masjid (yg sebenarnya adalah Pondok Pesantren yg cukup besar) kita diarahkan menuju areal parkir yg terletak dibelakang pekarangan pesantren yg cukup luas, setelah turun dari mobil baru kita bisa merasakan perasaan yg campur aduk…antara kesan yg selama ini tersimpan di kepala dan kenyataan yg bertolak belakang. Semua bangunan komplek penuh dengan relief seperti candi, dan kita akan berpikir arsiteknya pasti bukan orang sembarangan…walau seluruh bangunan dikomplek pesantren ini belum 100% selesai tapi kita sudah bisa menikmati kemegahannya. Bisa dibayangkan setelah semua selesai pasti pesantren ini bisa dijuluki pesantren yg cukup unik dari segi arsitektur mau pun pengelolaan.

Mushola bagi pengunjung Pondok Pesantren

About these ads

Aksi

Information

Satu tanggapan

6 03 2011
ida Safii

sya mau minta seketsax.wassalam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: